HARIMAU SUMATERA

Published By: Hari Palguna Kam, Sep 8th, 2011

 Nama Indonesia : Harimau Sumatera

Common Name    : Sumatran Tiger

Nama Latin            : Panthera tigris sumatrae

Klasifikasi: Ordo Carnivora, Familia Felidae

Deskripsi: Hari Sumatera merupakan sub spesies terkecil dari kelompoknya. Tinggi pundaknya 75 cm dan panjang tubuhnya 250 cm, serta berat tubuhnya 250 kg. Tubuhnya tertutup oleh mantel rambut, loreng-loreng melintang tubuh. Jenis yang jantan mempunyai surai di leher bagian bawah, surai merupakan rambut-rambut yang berukuran lebih panjang dari rambut lainnya. Bersuara keras dengan tekanan pada suku kata pertama, bunyi lain yang sering didengar yaitu memeong dan bunyi desis dilakukan saat dalam keadaan terancam.

Perilaku: Harimau hidup soliter, menyendiri, namun akan selalu berpasangan saat berburu, biasanya dilakukan pada waktu sore menjelang malam hari, satu menghalau mangsa ke arah lainnya yang sedang menunggu dengan cara mengkamuplase dirinya pada semak belukar. Daerah perburuan merupakan teritori yang ditandai dengan suara raungan. Teritori tidak tetap, namun selalu berpindah-pindah.

Reproduksi: Harimau melakukan perkawinan mirip kucing, dilakukan sekali pada waktu musim kawin pada bulan Juli-Agustus. Lama bunting 104-106 hari, jumlah anak 3-5 ekor, warna mantel rambut anak-anak yang baru dilahirkan mirip induknya, hanya lebih gelap.

Pakan: Di habitat aslinya harimau memakan mamalia sedang seperti rusa, babi hutan, juga mamalia kecil seperti monyet, burung, reptilia.  Di Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka diberi pakan daging sapi, kuda, kanguru, ayam ditambah vitamin dan mineral. Pakan diberikan 2 hari sekali, kuantitasnya 10 % dari berat badannya.

Habitat: Di hutan tropika, semak belukar, padang alang-alang di bagian barat daya dan utara pulau Sumatera.

Cites: Appendix 1. Dilindungi Pemerintah RI

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a comment

Note : Please do not make spam. Thank You For Giving Opinions